BIMTEK

  • Dec 02, 2020
  • Admin Desa Gunung Intan

Penajam (ANTARA) -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, untuk mempermudah pelayanan warga desa.

"Aplikasi layanan kependudukan ini masuk dalam laman masing-masing desa," ujar Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Daerah Ditjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemkominfo Hasyim Gautama dari Jakarta, Selasa.

Dalam pelatihan secara virtual ini, ia juga membagikan alamat laman untuk 30 desa di PPU plus kata sandinya, sehingga bagi desa-desa yang belum memiliki laman, langsung bisa memanfaatkan laman yang baru dibuatkan tersebut.

Sementara desa yang telah memiliki laman, maka laman yang baru ini diharapkan sebagai ajang pengenalan sehingga ke depan akan terbiasa menggunakannya, karena pihaknya ingin adanya penyeragaman laman desa berbasis dot id.

Sebanyak 30 laman desa baru yang langsung bisa digunakan ini antara lain girimukti-penajam.desa.id, giripurwa.desa.id, sidorejo-penajam.desa.id, bukitsubur.desa.id, apiapi-waru.desa.id, sesulu-waru.desa.id, bangunmulya.desa.id, labangka.desa.id, labangkabarat.desa.id, dan rintik.desa.id.